Our Customer Success Story – 1st Edition

Keuntungan Optimal dengan NEWLINE

Dilatarbelakangi dari kegiatan pemanfaatan lahan, Budiyanto memulai bisnisnya di sektor peternakan. Awalnya, Budiyanto bergerak di usaha tambang pasir. Agar lahan yang telah selesai di tambang tidak mengalami kerusakan, ia pun tergerak untuk memanfaatkan lahannya menjadi lahan reklamasi yang lebih produktif. Ia memilih untuk memanfaatkan lahan tersebut menjadi sebuah peternakan ayam. Mulanya hanya sebuah keisengan namun seiring berjalannya waktu, Budiyanto sangat tertarik dan mencintai bisnis barunya tersebut. Bahkan ia berhasil mengembangkan bisnis peternakan yang besar dan modern. Peternakan yang diberi nama Budiyanto Farm ini, terus meningkat populasinya. Jika pada 2007 hanya berkisar 12.000 ekor, kini setelah 12 tahun berjalan populasinya mencapai lebih dari 1 juta ekor. Kesuksesan bisnis Budiyanto saat ini tentunya disebabkan oleh banyak faktor. Menurut pria kelahiran Solo ini, salah satu kesuksesannya adalah memilih sarana dan prasarana terbaik bagi perkembangan bisnis ayamnya. “Untuk menghasilkan performa yang baik, perlu dukungan dari sistem peralatan yang baik pula,” ujar Budiyanto.

Kesuksesan bisnis Budiyanto saat ini tentunya disebabkan oleh banyak faktor. Menurut pria kelahiran Solo ini, salah satu kesuksesannya adalah memilih sarana dan prasarana terbaik bagi perkembangan bisnis ayamnya. “Untuk menghasilkan performa yang baik, perlu dukungan dari sistem peralatan yang baik pula,” ujar Budiyanto. Sistem Closed House Dalam menerapkan sistem perkandangan, Budiyanto menggunakan sistem closed house (kandang tertutup). Menurutnya, cuaca kerapkali tidak menentu seperti terkadang sangat panas atau sangat dingin. Dengan menggunakan sistem closed house, ia dapat mengontrol temperatur maupun kelembaban di kandang. Pengaturan suhu pada sistem closed house dapat membuat suasana di dalam kandang menjadi lebih kondusif dan ayam pun merasa lebih nyaman. Penggunaan sistem otomatisasi seperti closed house ini dirasakan oleh Budiyanto cukup berdampak pada performa ayam. “Jika dilihat secara  keseluruhan performa ayam saya menjadi lebih baik dan tidak gampang terkena penyakit,” tuturnya.

Peternakan ayam milik Budiyanto telah menerapkan sistem closed house sejak beberapa tahun silam. Ia mempercayakan penggunaan peralatan closed house kepada PT Sinar Mustika Raya, yakni NEWLINE. Menurut Budiyanto, sistem closed house NEWLINE memiliki keunggulan dari segi kualitas dan harganya yang cukup bersaing dipasaran. Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa penggunaan sistem closed house seperti NEWLINE dapat memberikan FCR (Feed Convention Ratio) lebih baik. “Dengan FCR baik, keuntungan yang akan kami peroleh pun menjadi lebih optimal,”ungkapnya.

Selain itu produk NEWLINE memberikan jaminan setiap saat untuk tersedianya stock seluruh sistem dan spare part, pelatihan penggunaan alat secara optimal, pendampingan teknisi selama masa brooding, buku manual, serta teknik maupun pengetahuan penggunaan peralatan closed house secara optimal. Budiyanto juga menyampaikan bahwa Sinar Mustika Raya tidak hanya menyediakan alat-alat yang bekualitas saja, namun juga memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan. Sebanyak lebih dari 20 tenaga teknisi yang sudah trampil siap setiap saat untuk membantu kendala peralatan dikandang. “Kalau ada kerusakan atau kendala, tidak sampai 24 jam teknisi akan datang ke lokasi dan kami pun tidak dibebankan biaya apapun,” terang Budiyanto. —TROBOS/Adv

“Menurut Budiyanto, sistem closed house NEWLINE memiliki keunggulan
dari segi kualitas dan harganya yang cukup bersaing dipasaran dan
after sales service yang cepat.”